Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Transformasi Logaritma Natural (Ln) menggunakan Excel dengan Mudah dan Cepat

Transformasi Data merupakan upaya untuk mengubah skala pengukuran data asli menjadi bentuk lain sehingga data dapat memenuhi asumsi yang dipersyaratkan padda uji statistik yang dipilih. Salah satu bentuk transformasi data adalah menggunakan transformasi logaritma natural. 

Umumnya peneliti melakukan transformasi data dengan tujuan untuk menghilangkan data outliers, membuat data lebih simetris, atau mengubah skala data. Transformasi data menjadi tahapan penting dalam analisis data hasil penelitian, sehingga hal ini harus diperhatikan dan dipahami dengan baik oleh peneliti. 

Bentuk transformasi yang dipilih disesuaikan dengan karakteristik dari variabel yang diukur. Selain itu, skala pengukuran data juga menjadi pertimbangan ketika hendak melakukan transformasi data. 

Transformasi data dalam bentuk logaritma natural

Transformasi logaritma natural merupakan salah satu teknik transformasi data yang sering digunakan oleh peneliti. Transformasi ini melibatkan penggunaan logaritma natural (e = 2.71828) untuk mengubah data asli menjadi bentuk yang untuk analisis statistik.

Fungsi logaritma natural (ln) didefinisikan sebagai eksponen ke mana nilai e harus dipangkatkan. Keunggulan bentuk transformasi ini adalah cenderung mengurangi dampak outliers dalam data.

Bentuk transformasi logaritma natural juga umumnya dapat mengurangi masalah heteroskedastisitas dalam analisis regresi linier metode OLS. Bentuk transformasi logaritma natural juga dapat membantu menjadikannya lebih simetris, sehingga dapat membantu agar data dapat terdistribusi normal.

Hal yang harus diperhatikan dalam transformasi logaritma natural

Penggunaan bentuk transformasi logaritma natural harus dilakukan sesuai dengan karakteristik data yang dikumpulkan. Tidak semua jenis dapat dapat dilakukan transformasi menggunakan bentuk transformasi logaritma natural.

Pada data hasil penelitian yang memiliki data bernilai nol dan atau data yang bernilai negatif tidak bisa menggunakan bentuk transformasi ini. Oleh karena itu, jika data banyak yang bernilai nol atau bernilai negatif, peneliti disarankan untuk memilih jenis transformasi data yang lain.

Cara transformasi data menggunakan Excel

Di Excel, kita dapat dengan mudah melakukan transformasi logaritma natural pada data menggunakan fungsi "LN". Langah pertama, siapkan data yang akan kita transformasi menggunakan logaritma natural pada salah satu sheet di Excel.

Disini saya memiliki contoh data yang akan kita transformasi menggunakan logaritma natural. Data tersebut terdiri dari dua variabel yaitu variabel penjualan dan variabel harga. Kedua variabel tersebut diukur menggunakan skala rasio. 

Langkah kedua, buat kolom baru di sebelah data asli sesuai dengan hasil transformasi yang diinginkan. Disini saya menambahkan dua kolom dan diberi label LN(Y) dan LN(X). Secara rinci, data yang digunakan untuk transformasi dapat dilihat pada tabel dibawah ini:

Langkah ketiga, di sel pertama pada kolom baru, ketik atau klik di dalam sel tersebut, lalu gunakan fungsi LN dengan mengikuti format berikut: LN(…). Disini untuk sel pertama berada di B4, maka formula di Excel ditulis LN(B4) yang secara rinci dapat dilihat pada tabel dibawah ini:

Setelah kita mengetik rumus di dalam sel, tekan tombol "Enter". Hasil dari transformasi logaritma natural akan muncul di sel yang baru kita buat. Langkah keempat, kita perlu menyalin rumus ini ke sel-sel lain dalam kolom baru untuk mengubah seluruh data. 

Kita dapat melakukannya dengan menyeret pegangan kotak ke bawah di sudut kanan bawah sel yang baru kita buat. Cara lain, kita dapat menyalin dan menempel rumus tersebut ke sel-sel lain yang masih kosong. Secara rinci hasil transformasi data ke dalam bentuk transformasi logaritma natural dapat dilihat pada tabel dibawah ini:

Analisis data selanjutnya menggunakan data asli atau data hasil transformasi?

Keputusan untuk menggunakan data asli atau data yang telah di-transformasi dalam bentuk Logaritma natural dalam analisis data tergantung pada tujuan analisis dan karakteristik data yang ada. 

Jika kita sudah memutuskan untuk melakukan transformasi data dalam bentuk logaritma natural, maka analisis selanjutnya menggunakan data yang telah kita transformasi menggunakan Excel. Data hasil transformasi kadang dipilih oleh peneliti untuk dapat membantu mengatasi masalah-masalah asumsi yang dipersyaratkan dan membuat data lebih cocok untuk analisis yang lebih lanjut.

Data yang telah di-transformasi akan memberikan hasil yang berbeda dibandingkan dengan data asli, dan interpretasinya juga akan berbeda. Pastikan kita telah memahami dan dapat menyampaikan dalam publikasi atau makalah bahwa analisis menggunakan data hasil transformasi.

Analisis sensitivitas juga dapat dilakukan untuk membandingkan hasil dari analisis yang menggunakan data asli dan data yang telah di transformasi menggunakan bentuk logaritma natural.

Baik, ini artikel yang dapat saya tulis pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan. Tunggu update artikel edukasi pada pekan berikutnya. Terima kasih.

priyono.id
priyono.id Peneliti dan Founder KANDA DATA. Portofolio: (1) Youtube: Kanda Data; (2) Tiktok: Kanda Data; (3) Instagram: Kanda Data; (4) Website: http://www.kandadata.com/

Posting Komentar untuk "Cara Transformasi Logaritma Natural (Ln) menggunakan Excel dengan Mudah dan Cepat"

Jasa Bimbingan Online