Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Manajemen Waktu bagi Mahasiswa agar Lulus Tepat Waktu


Bagi mahasiswa tentu mendambakan bisa lulus tepat waktu. Tentu, bukan hanya tepat waktu saja, kita pun bisa menjadi lulusan yang berkualitas dan siap terjun di masyarakat. Namun, sudah menjadi cerita yang mengudara dari telinga ke telinga. Tidak semua mahasiswa bisa lulus tepat waktu.

Tidak sedikit mahasiwa yang harus ikhlas menyaksikan seremoni wisuda sahabat dan teman satu angkatannya. Bahkan satu per satu teman satu angkatan lulus, hingga akhirnya tersisa beberapa gelintir.

Tidak ada pilihan lain, kamu harus bersabar dan bertahan. Lanjutkan perjuanganmu hingga tetes keringat terakhir, hingga kamu bisa lulus kuliah.

Saya menulis artikel ini berharap dapat menginspirasi untuk mengubah cara pandang dari mahasiswa yang biasa-biasa saja bertransformasi menjadi mahasiswa yang luar biasa. Mahasiswa yang sukses, berkualitas, dan lulus tepat waktu.

Beberapa mahasiswa terkadang harus menelan pil pahit, karena kurang mulus dalam menempuh studinya dan dengan hasilnya biasa-biasa saja. Kamu tidak boleh menjadi orang yang biasa-biasa saja, jadilah orang yang luar biasa.

Jadilah mahasiswa yang memaksimalkan kelebihan dan meminimalkan kelemahan. Perusahaan yang akan memperkerjakan anda pun tidak mau mengambil lulusan sarjana dengan prestasi yang biasa-biasa saja.

Mereka inginkan yang lebih dan special. Sarjana yang luar biasa tentunya memiliki karakter penuh kreatifitas, jujur, berjiwa pemimpin dan mampu bekerja dalam team work.

Berikut akan saya ulas cara cerdas untuk bisa lulus tepat waktu dan berkualitas dari sudut pandang dan pengalaman saya. Yuk, mari kita telaah satu persatu tips kuncinya.

Kenali Potensi Diri

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengenali diri dan potensi. Coba berdiri di depan cermin yang besar, tataplah diri anda ke cermin, tanyakan pada dirimu, siapa anda sebenarnya. Bagaimana kekuatan dan kelemahanmu, jujurlah pada diri anda sendiri dan katakanlah dengan lantang kekuatan dan kelemahamu.

Setelah kamu yakin betul dengan kekuatan dan kelemahanmu. Jangan ragu, terus asah dan pertajam kekuatamu. Karena Tuhan menciptkan anda dengan kekuatan dan kelemahan. Oleh karena itu lejitkan kekuatan dan minimalkan kelemahanmu.

Setelah mengenali diri, tentu kamu dapat merasakan bagaimana kekuatanmu pada bidang-bidang mata kuliah tertentu, mata kuliah yang menjadi favorit. Kamu juga akan tahu pada mata kuliah apa yang selalu nilai-nilaimu sulit untuk mendapatkan nilai maksimal.

Maksimalkan kekuatan dengan cara terus menggali ilmu yang kamu sukai, lakukanlah dengan perasaan senang. Jika perlu kamu dapat membuat list mata kuliah yang menyenangkan lalu baca sekilas materi-materi yang berhubungan dengan mata kuliah yang akan diberikan keesokan harinya.

Hanya 15 menit saja sudah cukup. Lihat waktu yang dibutuhkan sangat singkat bukan? Kamu juga perlu bekerja lebih ekstra mempelajari mata kuliah yang membuatmu terasa sulit. Datangilah temanmu yang menguasai bidang ilmu itu, mintalah belajar bersama.

Tuliskan Tujuan dan Target

Kita akan sangat termotivasi untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan tujuan hidup kita. Bayangkan jika kita tidak mempunyai harapan dan tujuan hidup, kita pasti akan sangat merasa hidup ini hampa, membosankan, dan tidak mengasyikan.

Dengan adanya tujuan hidup setidaknya kita mempunyai impian, dan dengan impian tersebut kita akan semangat untuk melakukan hal-hal yang dapat menyebabkan tercapainya impian tersebut.

Apakah kamu sudah mempunyai tujuan hidup yang jelas dan tertulis pada kertas dan ditempel di dinding kamarmu? Bila sudah, kamu adalah kandidat utama orang yang akan sukses dan mempunyai masa depan.

Tapi jika kamu belum mempunyai tujuan yang jelas dan masih mengalir mengikuti waktu, atau dalam bahasa kerennya “hidup mengalir mengikuti air” jangan khawatir! Kamu tidak sendiri.

Mulai saat ini lakukanlah perubahan, ambil kertas dan tulis apa yang kamu inginkan. Tulis sebanyak-banyaknya tujuan yang kamu inginkan! Setelah kamu merasa cukup bahwa tujuan hidup sudah tertulis semua, kini saatnya kamu mengelompokkan tujuan dan target menjadi:

1. Tujuan Jangka Panjang

Tujuan jangka panjang merupakan tujuan hidup yang secara global memang menjadi impianmu, dan tujuan tersebut merupakan impian terbesar dalam hidupmu. Contoh: Tujuan hidup saya adalah menjadi seorang pengusaha muda dengan pendapatan diatas Rp. 100 juta per bulan atau berhasil menjadi bagian dari perusahaan multinasional.

2. Tujuan Jangka Menengah

Tujuan jangka menengah merupakan tujuan hidup beberapa tahun kedepan dan merupakan impian-impian yang mendukung tujuan jangka panjangmu. Contoh: Lulus sarjana dengan IPK cum laude dan tepat waktu; melanjutkan S2 di luar negeri.

3. Tujuan Jangka Pendek

Tujuan jangka pendek merupakan tujuan yang akan mendukung tujuan jangka menengahmu. Contoh: memiliki skor toefl 550; seminar hasil penelitian dan sidang/ujian skripsi maksimal semester 8.

Bersahabatlah dengan Kalender di Gadget Anda

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah install saat ini juga aplikasi agenda/calendar di gadget anda. Jika kamu tidak terlalu suka dengan gadget, belilah buku agenda yang menarik, sehingga kamu setiap saat merasa nyaman ketika menulis maupun membacanya.

Dengan menggunakan menuliskan agenda, kita akan lebih fokus. Tuliskan motto hidup anda pada halaman pertama buku agenda/gadget anda.

Motto dibuat semaksimal mungkin, sehingga dapat membangkitkan motivasi anda disetiap saat, sehingga kamu akan selalu fresh dan bersemangat dalam menjalankan aktivitas. Catat semua acara dan agenda yang akan dilakukan sampai dengan detil jamnya.

Tuliskan Daftar Tugas yang Harus Anda Kerjakan

Buatlah kolom-kolom yang berisi 4 poin utama yaitu tugas yang harus dikerjakan, tanggal/hari pengumpulan, jam dan realisasi. Isilah setiap kolom tersebut dengan tugas yang harus kamu kerjakan, baik itu tugas kuliah, tugas praktikum, ataupun tugas ekstrakurikuler yang harus anda kerjakan.

Buatlah poin-poin utama tersebut per 15 hari. Jadi setiap 15 hari sekali, kamu perlu melakukan pembaruan tugas tersebut. Atau kamu bisa mengupdatenya ketika ada tugas baru yang perlu kamu selesaikan.

Tulislah semua rencana kegiatan harian kamu secara rinci. Tentunya disesuaikan dengan tugas yang harus kamu kerjakan dan yang pasti sesuai dengan tujuan hidup kami.

Yang perlu digaris bawahi disini adalah lakukanlah evaluasi setiap minggu, sehingga kamu akan mengetahui bagian mana yang harus diperbaiki lagi. Lakukan sekarang juga dan jangan menunda-nunda lagi, karena kebiasaan menunda itu identik dengan kegagalan.

Evaluasi Komitmen pada Tugas dan Agendamu

Bawalah buku agenda/gadgetmu kemanapun kamu pergi, baik kuliah di kampus, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, praktikum, atau sekedar kumpul-kumpul bareng teman kuliah. Buku agenda itu akan mengingatkan kamu jika anda ternyata terlena oleh kegiatan-kegiatan tak terduga yang tidak mendatangkan manfaat.

Selalu luangkan waktumu untuk membuka buku agenda, dan lihat serta berkomitmenlah pada dirimu untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang tertulis pada buku agenda.

Evaluasilah kegiatan-kegiatan yang kamu rencanakan dan berhasil kamu kerjakan. Berapa persen dan berapa banyak kegiatan-kegiatan yang tidak terduga yang tidak kamu tulis dalam buku agenda.

Merenunglah sejenak, ingat tujuan hidupmu. Kesuksesan hidupmu ditentukan oleh kerja kerasmu saat ini. Oleh karena itu, kurangilah kegiatan-kegiatan yang kurang mendatangkan manfaat.

Mencobalah untuk berkomitmen dan bersahabat dengan agendamu. Semoga kamu juga bisa sukses mengatur manajemen waktu agar sukses studi, lulus tepat waktu, dan sukses dalam dunia kerja.

Bagikan pengalamanmu di komentar blog ini, jika kamu termasuk ke dalam golongan mahasiswa yang sukses lulus tepat waktu. Jika tips yang saya tulis bermanfaat, jangan ragu untuk membagikan pada yang lain, agar mereka juga bisa sukses seperti kamu.

priyono.id
priyono.id Peneliti dan Founder KANDA DATA. Portofolio: (1) Youtube: Kanda Data; (2) Tiktok: Kanda Data; (3) Instagram: Kanda Data; (4) Website: http://www.kandadata.com/

Posting Komentar untuk "Tips Manajemen Waktu bagi Mahasiswa agar Lulus Tepat Waktu"

Jasa Bimbingan Online