Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Skripsi Selesai Tepat Waktu, Kuncinya Konsisten!


Buat kalian mahasiswa, sudah sampai di manakah progress skripsimu? Sudah bukan rahasia umum kalau skripsi merupakan penentu mahasiswa bisa lulus lebih cepat, lulus rata-rata, atau bahkan lulus lebih lambat.

Memang betul, skripsi merupakan tugas akhir yang harus dikerjakan oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat untuk lulus menjadi sarjana. Skripsi lah yang umumnya menentukan lamanya studi mahasiswa.

Mungkin jika teman-teman melihat kakak kelas kita, kita bisa amati kalau lama studinya bisa berbeda-beda. Kita bisa melihat ada yang bisa lulus tepat waktu pada semester 8, bahkan ada juga yang bisa lulus lebih cepat sebelum semester 8 berakhir.

Sayang sekali, ada juga yang harus lulus selama 10 semster (5 tahun) atau lebih. Ini tentu disebabkan karena penyelesaian skripsi untuk masing-masing mahasiswa tersebut yang berbeda-beda.

Semenjak semester 1 sampai dengan semester 6, kita akan selalu bersama-sama dengan teman satu kelas dan satu angkatan. Namun, ketika sudah memasuki semester 7, kita akan berjuang sendiri-sendiri untuk bisa lulus menjadi sarjana.

Keseriusan kita untuk bisa menyelesaikan skripsi tepat waktu sangat dibutuhkan. Jika tidak, kamu akan lebih lama untuk bisa lulus menjadi seorang sarjana.

Berdasarkan pengalaman saya, sebetulnya untuk bisa menyelesaikan skripsi tepat waktu ada satu kunci yang harus dimiliki oleh mahasiswa. Ya, mahasiswa harus konsisten!

Mengingat pentingnya hal tersebut, saya akan mengulas bagaimana penerapan konsistensi dalam penyelesaian skripsi dengan tepat waktu. Di sini saya akan membagikan pengalaman bagaimana menerapkan konsistensi supaya skripsi selesai tepat waktu dan bisa segera lulus menjadi sarjana.

Mengapa harus konsisten?

Mengapa mahasiswa harus menerapkan konsistensi dalam penyelesaian studi? Perlu diketahui, tidak hanya dalam perkuliahan, dalam dunia kerja dan wirausaha, konsistensi merupakan kunci yang dimiliki oleh orang sukses.

Konsistensi ini dapat saya artikan dengan komitmen seseorang untuk terus menyelesaikan sesuatu sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Terkadang ketika kita sudah menetapkan suatu tujuan, jika kita tidak menerapkan dengan konsisten bisa saja kita akan terlena.

Contohnya, kewajiban kita untuk menyelesaikan skripsi jika tidak dilakukan dengan konsisten maka akan berpeluang selesai lebih lama. Terlebih jika mahasiswa tidak menetapkan target kapan skripsi itu akan selesai.

Dampak jika tidak menerapkan konsistensi

Apa dampaknya kalau kita tidak menerapkan konsistensi? Akan ada banyak hal sebagai dampak tidak diterapkannya konsistensi. Sebagian besar jika kita tidak konsisten, akan lebih banyak dampak negatif yang harus diterima.

Sebagai contoh, seorang mahasiswa diberikan tugas oleh dosen untuk membuat sebuah makalah dan kemudian akan dipresentasikan di hadapan teman-teman sekelas. Waktu penyelesaian tugas diberikan waktu oleh dosen selama 1 bulan.

Misal mahasiswa A menerapkan prinsip konsistensi. Mahasiswa ini tidak menyia-nyiakan waktu yang diberikan oleh dosen untuk mengerjakan tugas dalam waktu 1 bulan.

Dia mengatur waktu, mulai dari mencari bahan, mencari literatur, mulai mencicil mengerjakan makalah, mencicil mengerjakan bahan tayang untuk presentasi, dan yang terakhir adalah belajar materi untuk presentasi. Mahasiswa A menerapkan pembagian tugas tersebut dengan konsisten dalam waktu 1 bulan.

Berbeda halnya dengan mahasiswa B yang tidak menerapkan prinsip konsistensi seperti mahasiswa A. Mahasiswa B menanggapi dengan santai tugas yang diberikan oleh dosen dan memilih untuk menunda mengerjakannya di waktu-waktu menjelang deadline.

Akhirnya seiring berjalannya waktu, sehari sebelum batas pengumpulan makalah dan bahan presentasi, lihat apa yang terjadi.

Mahasiswa A berhasil menyelesaikan makalah dan bahan presentasi dengan kualitas yang baik. Mahasiswa A juga bisa menikmati proses pengerjaan tugas dan untuk tugas lain juga selesai dengan baik juga.

Adapun mahasiswa B, harus rela lembur selama 2 hari, kurang tidur dan badan capek untuk bisa menyelesaikan makalah dan bahan presentasi tersebut. Selain itu, makalah selesai seadanya dengan kualitas dari makalah yang berantakan dan asal jadi.

Pada akhir semester, mahasiswa A mendapatkan nilai A untuk mata kuliah tersebut dan mahasiswa B ternyata mendapatkan nilai C. Ternyata kunci dari kesuksesan mahasiswa A adalah pada konsistensi dengan tujuan yang sudah ditetapkan.

Cara menerapkan konsistensi dalam menyelesaikan skripsi yang akan menentukan studimu bisa selesai tepat waktu yaitu:

1. Konsisten menulis skripsi tiap hari walaupun satu kalimat

Setelah mengetahui manfaat positif dari penerapan konsistensi, di sini saya akan membagikan pengalaman saya dalam penerapan konsistensi dalam penyelesaian skripsi.

Hal yang perlu dilakukan oleh mahasiswa yaitu konsisten dalam menulis skripsi setiap hari. Ini penting dilakukan untuk membentuk habit dan mood mahasiswa untuk terus terkoneksi dengan skripsi.

Yakinlah, kalau mahasiswa lama tidak menyentuh skripsi yang menjadi tugasnya, umumnya akan berat untuk memulai kembali. Terkadang mahasiswa butuh waktu loading untuk bisa benar-benar bisa menyatu dengan topik skripsi yang sedang ditulis.

Oleh karena itu penting bagi mahasiswa untuk bisa konsisten menulis skripsi setiap hari. Sesibuk-sibuknya aktivitas mahasiswa, sempatkanlah waktu untuk konsisten menulis skripsi meskipun satu kalimat. Ini akan membawa mahasiswa terus terhubung dengan topik skripsi.

Namun demikian seperti halnya bekerja, mahasiswa juga butuh liburan. Mahasiswa bisa menetapkan hari libur sama seperti pekerja. Apakah akan menetapkan hari minggu sebagai hari libur, atau menetapkan hari sabtu dan minggu sebagai hari libur tanpa memikirkan tugas perkuliahan.

Ketika mahasiswa sudah memasuki hari senin, mahasiswa harus kembali menulis skripsi secara konsisten. Lakukanlah hal ini secara konsisten sesibuk apapun aktivitas yang dilakukan.

2. Konsisten mencicil persiapan dan pelaksanaan penelitian

Dalam penulisan skripsi, tentu tidak hanya diisi dengan kegiatan menulis saja. Mahasiswa harus melakukan serangkaian kegiatan meliputi penulisan proposal, penyiapan bahan penelitian, dan pelaksanaan penelitian.

Jadi, mahasiswa tidak hanya konsisten menulis saja, namun juga perlu konsisten dalam pelaksanaan kegiatan penelitian. Sama seperti halnya ketika menulis skripsi, mahasiswa juga harus memiliki tujuan atau perencanaan yang baik. Selanjutnya mahasiswa harus konsisten untuk melaksanakan setiap tahapan yang telah direncanakan tersebut.

3. Konsisten mengerjakan tabulasi data dan analisis data

Tahapan selanjutnya setelah dilakukan penelitian, mahasiswa perlu melakukan tabulasi data. Baik penelitian survei maupun eksperimental, sebelum data dianalisis, maka perlu ditabulasi atau diinput terlebih dahulu.

Seperti kita ketahui bersama, bahwa tabulasi data juga merupakan kegiatan yang melelahkan. Dalam tabulasi data jika mahasiswa tidak konsisten maka akan memperlambat waktu penyelesaian skripsi.

Oleh karena itu, mahasiswa harus konsisten untuk mencicil tabulasi data dari hasil penelitian. Setelah tabulasi data selesai dilaksanakan, tahapan berikutnya adalah melakukan analisis data.

Jika mahasiswa sudah konsisten belajar memahami tahapan analisis, dan interpretasi hasil analisis, tentu akan mempermudah dan mempercepat dalam penyelesaian analisis data.

4. Konsisten berkomunikasi dengan pembimbing

Selain konsisten dalam penyelesaian manuskrip skripsi, hal yang tidak kalah penting adalah konsisten untuk berkomunikasi dengan pembimbing. Mahasiswa dapat secara aktif melaporkan progress setiap tahapan studi kepada pembimbing.

Jika mahasiswa menemui kendala dalam penulisan skripsi, data, dan lainnya, tidak perlu sungkan untuk dikomunikasikan dengan baik bersama pembimbing. Teruslah konsisten menjalin komunikasi yang baik dengan pembimbing.

5. Konsisten langsung menindaklanjuti revisi skripsi dari dosen

Dalam penulisan skripsi, meskipun kita sudah berusaha menyelesaikan dengan sangat baik. Namun, kita tidak dapat menyelesaikannya dengan sempurna. Pasti akan ada perbaikan dan revisi-revisi pada draft manuskrip skripsi kita.

Ketika mahasiswa sudah memperoleh draft skripsi yang harus diperbaiki dan di revisi, mahasiswa perlu segera untuk konsisten merevisi poin-poin yang disarankan oleh pembimbing. Dalam penyelesaian revisi skripsi, jika tidak dilakukan dengan konsisten dan sabar, tentu akan berdampak pada lebih lamanya skripsi untuk diselesaikan.

6. Konsisten cicil publikasi hasil penelitian

Selain mahasiswa harus menyelesaikan skripsi dengan baik, untuk syarat ujian, mahasiswa juga perlu menyiapkan draft publikasi hasil penelitian. Kuncinya, penulisan publikasi hasil penelitian dicicil oleh mahasiswa secara konsisten beriringan dengan penulisan draft pembahasan hasil penelitian skripsi.

Jika penulisan publikasi hasil penelitian telah selesai lebih dahulu, segera konsultasikan dengan pembimbing. Jika sudah oke, segera disubmit ke jurnal yang dituju.

Hal yang perlu diketahui oleh mahasiswa, untuk mempublikasikan artikel hasil penelitian membutuhkan waktu. Oleh karena itu, untuk menulis artikel publikasi hasil penelitian tidak harus menunggu draft skripsi selesai terlebih dahulu. Tulislah secara beriringan, antara hasil publikasi penelitian dengan draft skripsi.

Nikmati prosesnya, yakin usaha tidak menghianati hasil

Hal terakhir yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa, terkadang menerapkan suatu hal secara konsisten itu terasa berat. Namun, dengan komitmen untuk tetap konsisten, maka kesuksesan akan didapatkan oleh mahasiswa yang menerapkannya.

Saran dari saya, nikmati prosesnya dan fokus pada hal yang sedang kita lakukan. Mahasiswa yang konsisten menulis skripsi tidak harus menulis dari pagi sampai malam, namun cukup tetapkan waktu tertentu misalkan 5 sampai 6 jam perhari, bahkan boleh kurang. Namun harus dilakukan secara konsisten.

Yakinlah satu hal, bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil. Jika mahasiswa berusaha untuk konsisten dan fokus, maka kesuksesan akan ada dalam genggaman.


Baik, ini adalah sharing yang dapat saya berikan pada kesempatan ini. Semoga memberikan manfaat dan pencerahan bagi mahasiswa-mahasiswa yang sedang berusaha menyelesaikan skripsi. Saya berdoa semoga diberikan kelancaran dan mendapatkan dan memperoleh hasil seperti yang diharapkan, aamiin.
priyono.id
priyono.id Peneliti dan Founder KANDA DATA. Portofolio: (1) Youtube: Kanda Data; (2) Tiktok: Kanda Data; (3) Instagram: Kanda Data; (4) Website: http://www.kandadata.com/

Posting Komentar untuk "Skripsi Selesai Tepat Waktu, Kuncinya Konsisten!"

Jasa Bimbingan Online