Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Kerja Jurusan Peternakan yang Perlu Kamu Tahu


Tahukah kamu, kalau konsumsi protein terdiri dari protein nabati dan protein hewani. Konsumsi protein hewani sangatlah penting untuk menunjang asupan asam-asam amino esensial yang berguna bagi tubuh kita. Konsumsi protein hewani sangat penting! Negara-negara maju umumnya memiliki tingkat konsumsi protein hewani yang lebih tinggi.

Sudah bukan menjadi rahasia umum, produk-produk dari peternakan merupakan sumber utama protein hewani. Produk peternakan yang paling banyak dikonsumsi adalah daging, telur, susu, dan hasil diversifikasi produk olahannya. Selama masih ada kehidupan, produk-produk peternakan ini akan selalu dibutuhkan orang.

Dengan kata lain, kamu yang sedang menggeluti dunia peternakan baik melalui jalur pendidikan formal maupun non formal tidak perlu khawatir! Negara ini membutuhkan kamu semua untuk berkiprah, berkarya, dan berkontribusi untuk memajukan peternakan Indonesia menjadi lebih baik.

Apa saja yang dipelajari dari ilmu peternakan?

Ilmu peternakan merupakan bidang ilmu terapan yang dapat dipelajari keilmuannya dan dapat langsung dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari yang langsung membawa dampak bagi masyarakat.

Belajar ilmu peternakan selama ini identik dengan belajar bagaimana cara memelihara ternak dengan baik, namun jika mindset kita hanya tertanam hal tersebut maka ketahanan pangan hewani akan makin sulit dalam genggaman.

Belajar ilmu peternakan sangat lebih dari itu. Menurut pandangan saya, esensi dari mendalami ilmu peternakan adalah bagaimana cara agar kebutuhan pangan hewani masyarakat dapat terpenuhi dan petani pelaku peternakan dapat hidup layak dan sejahtera.

Oleh karena itu, diperlukan SDM-SDM yang berkualitas yang mau dan mampu dengan ikhlas untuk menghasilkan inovasi-inovasi teknologi supaya produksi daging, telur, susu, dan produk diversifikasi olahannya dapat mencukupi kebutuhan masyarakat.

Ilmu peternakan dapat digali ilmunya baik dengan pendidikan formal maupun dengan pendidikan non formal. Pendidikan formal dapat ditempuh melalui pembelajaran pada SMK sampai dengan tingkat tertinggi pada perguruan tinggi, sedangkan pendidikan non formal dapat ditempuh melalui magang, belajar langsung, atau bekerja pada bidang peternakan.

Peluang dan keunggulan kuliah jurusan peternakan

Bagi lulusan pendidikan formal ilmu peternakan, sangat terbuka peluang untuk berkiprah baik melalui dunia kerja maupun mengembangkan usaha secara mandiri. Bahkan saat ini kebutuhan pekerja/SDM terampil bidang peternakan kebutuhannya tinggi sehingga perlu diiringi dengan ketersediaan lulusan sarjana peternakan yang mencukupi.

Peternakan merupakan suatu bidang ilmu yang mempelajari secara komprehensif mengenai dasar teori, keilmuan, ilmu praktis, praktek langsung, dan manajemen pada budidaya maupun usaha dari hewan yang potensial untuk diternakkan.

Mengingat sebagian besar masyarakat Indonesia berprofesi sebagai petani dan hampir setiap petani memiliki ternak, baik ternak non ruminansia maupun ternak ruminansia. Maka Sumber Daya Manusia (SDM) yang menguasai bidang peternakan sangat dibutuhkan.

Produk peternakan merupakan produk yang tidak akan pernah mengalami titik jenuh. Produk utama berupa daging, telur dan susu akan tetap selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Permintaan terhadap produk tersebut akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk.

Bagaimana prospek lulusan sarjana peternakan dibandingkan dengan bidang studi yang lainnya? Berikut beberapa peluang kerja bagi kita yang menekuni bidang ilmu peternakan:
  1. Peluang kerja pada perusahaan swasta multinasional dan perusahaan lain yang bergerak dibidang peternakan.
  2. Peluang kerja pada bidang instansi pemerintahan sangat terbuka luas mulai dari Kementerian Pertanian, BRIN, BSN, dosen PTN, dan instansi lainnya.
  3. Peluang kerja di bidang non peternakan, seperti perbankan, lembaga keuangan, industri retail dan lain sebagainya.
  4. Membuka sendiri usaha pada bidang peternakan baik budidaya, pengolahan maupun pemasaran. Prospek peluang usaha pada bidang peternakan masih sangat terbuka luas sekali, sehingga hal ini merupakan celah yang dapat dimanfaatkan dengan baik.
Hal tersebut diatas merupakan pengalaman yang penulis rasakan setelah menggeluti ilmu sosial ekonomi peternakan. Buat para calon mahasiswa, jangan ragu untuk menimba ilmu pada bidang peternakan.

Bagi yang sedang menimba ilmu bidang peternakan, galilah ilmu sebanyak mungkin sebelum terjun ke masyarakat. Ini adalah tulisan dari blog lama saya yang pernah di published tahun 2013 yang kini saya rewrite. Tunggu update artikel dari catatan peneliti selanjutnya!
priyono.id
priyono.id Peneliti dan Founder KANDA DATA. Portofolio: (1) Youtube: Kanda Data; (2) Tiktok: Kanda Data; (3) Instagram: Kanda Data; (4) Website: http://www.kandadata.com/

Posting Komentar untuk "Peluang Kerja Jurusan Peternakan yang Perlu Kamu Tahu"

Jasa Bimbingan Online